Makanan Khas Kota Yogyakarta

Gudeg

Gudeg

Gudeg adalah Makanan khas yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. perlu waktu yaang lama untuk membuat masakan ini, Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dibedakan menjadi dua yaitu : gudeg kering dan gudeg basah. kalau Gudeg basah yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental dari pada santan pada masakan padang. untuk gudeg basah yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.

Sejarah Gudeg

Keberadaan Gudeg hampir berbarengan dengan mulai dibangunnya kerajaan mataram islam di alas (hutan) Mentaok daerah kotagede pada tahun1500-an. Ketika membangun kerajaan di alas Mentaok, pohon-pohon disampingnya harus di tebang. Pohon-pohon yang banyak dirobohkan adalah pohon nangka,kelapa,dan melinjo. Melihat banyak buah nangka muda (gori), kelapa dan daun melinjo yang terbuang percuma, bahan-bahan tersebut kemudian dibuat makanan oleh para pekerja.

Mengingat kebutuhan makanan pekerja yang banyak, maka nanga muda dimasak dengan jumlah yang banyak, Saking banyaknya nangka muda yang dimasak, mengduknya pun harus menggunakan alat mirio debgan dayung perahu. dalam bahasa ja mengaduk disebut dengan ngudeg. Dari kata tersebutlah munculnya sebutan gudeg yang merupakan hidangan berbahan dasar nangka muda (gudeg).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *