Pantai Pemecah Ombak (Pantai Glagah)

Pantai Glagah

Pantai Glagah. Pantai yang dikenal memiliki laguna dan tetrapod beton yang dapat memecah ombak secara maksimal. Ombak yang menghantam tetrapod inilah yang akan menghasilkan deburan ombak di pinggir pantai. Bicara tentang Pantai Glagah, masyarakat Jogja pasti akan menyinggung tentang laguna yang dimiliki pantai ini. Umumnya, laguna pantai memiliki penghalang berupa pasir, batu karang, atau semacamnya. Meski dekat dengan laut, laguna biasanya berada di lokasi perairan yang relatif dangkal dan sepi.Berbeda dengan laguna Pantai Glagah. Laguna di pantai ini terbentuk dari bagian daratan berbentuk agak cekung yang berisi air laut pasang. Semakin lama, cekungan ini membentuk telaga luas berair tenang dengan tepian yang subur dan ditumbuhi rumput liar.

Pantai Glagah

Nah ditengah-tengah tetrapod tersebut dibangunlah sebuah dermaga panjang dimana kamu bisa jalan ke arah tengah laut. Di Pantai Glagah ini lah kebanyakan pengunjung mengabadikan memori mereka dalam bentuk foto, dimana pada mau ambil foto dengan latar belakang ombak yang besar dimana pecahan ombaknya akan besar dan tinggi.  Namun perlu hati-hati kalau kamu termasuk yang ingin  berburu foto dengan latar belakang ombak pantai Glagah, terutama saat air pasang. Salah-salah sedikit pengunjung bisa terseret ombak. Di ujung dermaga ada pembatas yang tidak boleh dilewati oleh pengunjung, karena kita ingin menghindari jika kita melewati batas tersebut dan seketika ada ombak laut yang begitu besar. Namun saat itu memang masih ada saja pengunjung yang nekat melewati pembatas tersebut. 

Pantai Glagah Indah terletak di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi pantai Glagah Indah kurang lebih 43 km dari kota Yogyakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *